Kepala Desa Butuh Pendampingan Kelola Keuangan

Oleh : aris 07 September 2015    Tidak ada komentar

Kepala Desa Butuh Pendampingan Kelola Keuangan

SAMARINDA – Kepala desa dianggap butuh pendampingan dari unsur pemkab dalam hal pengelolaan keuangan desa. Tujuannya agar rekening yang sudah masuk di kas desa segera dibelanjakan, sehingga penyerapan aggarannya baik dan ekonomi di desa berjalan.

 

 “Kemarin sudah ditegaskan, Badan Pemberdaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) kabupaten melakukan pendampingan dan verifikasi,” kata Kepala BPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi, di Samarinda, Senin (7/9).

 

Peran pendampingan tersebut nantinya menjadi pelaksana bantuan keuangan desa agar dapat dibelanjakan sesuai ketentuan berlaku. Jauhar menilai pendampingan penting dilakukan karena dana desa cukup besar seiring berlakunya UU Desa.

 

Berkaitan itu, pemerintah pusat akan selenggarakan pelatihan master of trainer (MoT) atau penanggungjawab utama keseluruhan pelaksanaan training dengan peserta  dari provinsi, termasuk dua orang dari Perguruan Tinggi. Pelatihan digelar selama seminggu.

 

Setelah itu dilanjutkan tingkat kabupaten/kota melatih training of trainer (TOT) atau pelatihan untuk pelatih. “Yang mengajar MoT dan grand master dari pusat. Setelah itu baru pelatihan untuk kepala seksi pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat tingkat kecamatan semua kabupaten,” katanya.

 

Jauhar mengaku jajaran BPMPD sudah melakukan pendataan dan penjajakan ke kabupaten untuk menyusun jadwal. Pesertanya terdiri dari kepala desa, sekretaris, dan bendahara seluruh desa se Kaltim. Jika tidak diatur secara tepat tidak akan selesai.

 

Selain itu, Jauhar juga mendorong agar pemkab memastikan dana desa yang sudah dikucurkan pusat ke rekening kas daerah segera ditransfer ke rekening kas desa. klub forex indonesia“Persoalan tidak hanya itu, tapi bagaimana bisa dibelanjakan karena daya serapnya variatif. Ada yang sudah realisasi dan sebagian lainnya masih belum,” sebutnya.(diskominfo kaltim/arf)

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss