BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

Oleh : aris 07 September 2015    Tidak ada komentar

BPPD Manfatkan Alat TTG  *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim mulai melirik pemanfaatan peralatan teknologi tepat guna (TTG) yang dihasilkan pos pelayanan teknologi (posyantek) Kaltim dalam pelaksanaan program pembangunan kawasan perbatasan, pedalaman, daerah terpencil, dan pulau terluar.

 

Terbaru, BPPD membeli sejumlah alat TTG pembuat pakan ikan untuk kelompok nelayan jaring apung, di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau. Program bantuan peningkatan kapasitas usaha tersebut dalam rangka mengembangkan ekonomi masyarakat di pulau terluar wilayah Kaltim.

 

“Kita bantu kelompok nelayan jaring apung tujuh unit alat TTG dengan kapasitas besar. Mudahan ini bisa membantu peningkatan kesejahteraan masyarakatpulau terluar,” kata Kepala BPPD Kaltim melalui Kabid Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha, Husaini, di Samarinda, Jumat (4/9).

 

Bantuan alat TTG tersebut diserahkan untuk kelompok nelayan jaring apung di empat kampung se Kecamatan Maratua, yakni Teluk Alulu, Bohe Silian, Teluk Harapan, dan Payung-payung.

 

Nantinya alat tersebut dimanfaatkan kelompok nelayan jaring apung untuk membuat pakan ikan keramba jaring apung yang dikembangkan. Dengan demikian mereka dapat menekan biaya produksi karena tidak perlu mengeluarkan dana membeli pakan ikan.

 

Selain itu, alat TTG tersebut bisa dimanfaatkan pengembangan industri rumahan pengolahan produk hilir hasil produksi keramba apung nelayan. Alat tersebut bisa dimanfaatkan mengolah cemilan dan bumbu masakan.

 

“Gilirannya masyarakat semakin meningkat kesejahteraannya. Tidak hanya menjual ikan segar, nelayan bisa menjual produksi keramba apungnya dalam bentuk olahan seperti nugget ikan, pentol ikan, dan berbagai bumbu masakan,” harapnya.

 

Husaini mengaku dampak yang diharapkan tidak hanya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Juga sekaligus membangun wisata kuliner di objek wisata unggulan Kaltim tersebut. Wisatawan bisa punya banyak alternatif pilihan kuliner saat berwisata yang sekaligus bisa menjadi pilihn buah tangan.(diskominfo kaltim/arf)


Teks Foto : Beginilah alat penggiling pakan ikan yang diberikan kepada kelompok nelayan jaring apung, di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau.(foto:dok.bppd kaltim)


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss