BSB Dirancang Jadi Pusat Penerbangan Kabupaten/Kota

Oleh : aris 04 September 2015    Tidak ada komentar

BSB Dirancang Jadi Pusat Penerbangan Kabupaten/Kota

SAMARINDA – Pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) Sungai Siring disebut sengaja dirancang menjadi pusat penerbangan kabupaten/kota. Itu sebabnya bandara yang sedang dalam proses penyeselesaian pembangunan sisi udara tersebut nantinya tidak akan melebihi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

 

“BSB akan jadi pusat penerbangan kabupaten/kota. Menghubungkan 20 bandara se Kaltim. Kapasitasnya tidak boleh lebih baik dari Balikpapan,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, di Samarinda, Jumat (4/9).

 

Bandara Balikpapan harus tetap menjadi pintu gerbang utama masuk ke Kaltim untuk penerbangan domestik dan internasional. Sedangkan BSB hanya menjadi penunjang rute domestik dan rute lokal seperti Bandara Temindung Samarinda sekarang.

 

Nantinya BSB akan mengambil peran Bandara Temindung Samarinda. Sebab lokasinya yang tepat di tengah Kota Samarinda kurang ideal untuk keselamatan penerbangan. Serta tidak memungkinkan dilakukan pengembangan untuk meningkatkan pelayanan. 

 

Hanya saja BSB kapasitasnya lebih baik ketimbang Bandara Temindung Samarinda. Selain melayani rute dari 20 bandara di kabupaten/kota, BSB juga akan melayani sejumlah rute penrbangan domestik.

 

Sedangkan pelaksanaan pembangunannya, pemprov sudah membangun sisi darat seperti gedung terminal dan perkantoran menggunakan APBD Kaltim hingga tuntas. Lain hal untuk pembangunan sisi udara atau landasan pacunya dilaksanakan menggunakan pola modify turnkey project.

 

Pembangunan dan pembiayaannya sepenuhnya ditanggung investor. Setelah selesai kemudian pemprov membayarnya dengan dicicil. “Polanya sama dengan kontak tahun jamak. Dibayar beratahap setiap tahun anggaran. Ini strategi, karena tidak bisa membangun hanya mengandalkan APBD,” sebutnya.(diskominfo kaltim/arf)


Teks Foto : Salah satu sudut gedung terminal BSB Sungai Siring Samarinda.(foto:dok.diskominfo)

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss