Kepala Desa Diwajibkan Fahami Mekanisme Pengelolaan Keuangan Desa

Oleh : aris 03 September 2015    Tidak ada komentar

Kepala Desa Diwajibkan Fahami Mekanisme Pengelolaan Keuangan Desa

SAMARINDA – Setiap kepala desa di Kaltim diwajibkan memahami mekanisme pengelolaan keuangan desa sesuai ketentuan berlaku. Dengan begitu diharapkan kepala desa semakin mantap saat menerima dana yang dikucurkan kepada desa.

 

“Seluruh kepala desa wajib Ikuti sosialisasi pengelolaan keuangan desa. Mereka harus memahami mekanisme pengelolaan keuangan desa agar pemanfaatannya tidak salah,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak sebelum membuka sosialisasi pengelolaan keuangan desa bagi camat dan kepala desa se Kaltim, di Pendopo Lamin Etam, Samarinda, Kamis (3/9).

 

Gubernur mengaku khawatir bermasalah jika kepala desa belum mengetahui persis mekanisme pengelolaannya. Kepala desa sebelumnya tidak pernah terima kucuran dana sebesar pemberlakukan UU No 6/2014 tentang desa.

 

Mengingat salah satu pasal dalam UU Desa mengamanatkan jumlah alokasi anggaran yang langsung masuk ke desa ditetapkan sebesar 10 persen dari dan di luar dana transfer daerah. Kemudian dipertimbangkan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, kesulitan geografi.

 

Diperkirakan setiap desa akan mendapatkan dana sekitar Rp 1,4 miliar berdasarkan perhitungan dalam penjelasan UU desa yaitu, 10 persen dari dan transfer daerah menurut APBN untuk perangkat desa sebesar Rp 59, 2 triliun. Kemudian ditambah dengan dana dari APBD sebesar 10 persen sekitar Rp 45,4 triliun. Total dana untuk desa adalah Rp 104, 6 triliun yang akan dibagi ke 72 ribu desa se Indonesia.

 

“Dana segitu bukan sedikit. Makanya harus difahami betul mekanisme pengelolaannya. Jangan sampai salah dimanfaatkan,” tegasnya.

 

Sosialisasi, kata gubernur, tidak mesti selesai hari ini dan di sini. Bisa melalaui pendidikan dan pelatihan (diklat) di Badan Diklat Kaltim. ”Kurung saja (diasramakan mengikuti diklat,Red) mereka selama seminggu di Badan Diklat biar mantap terima dana yang dikucurkan kepada desa. Kalau tidak klub forex indonesia dimantapkan terus terang saya khwatir,” tambahnya.(diskominfo kaltim/arf)

 

 

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss