Disdik Rencanakan Workshop Kurikulum dan Pengembagan Bahan Ajar TK

Oleh : aris 02 September 2015    Tidak ada komentar

Disdik Rencanakan Workshop Kurikulum dan Pengembagan Bahan Ajar TK

SAMARINDA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim berencana menggelar workshop kurikulum dan pengembagan bahan ajar pendidikan anak usia dini (PAUD) TK. Maksudnya untuk menjamin impelementasi kurikulum 2013 (K13) pada jenjang pendidikan TK yang akan dikembangkan di setiap daerah.

 

“Sedang kita persiapkan penyelenggaraannya. Minggu pertama September ini dengan peserta seluruh TK pembina kabupaten/kota se Kaltim, serta beberapa induk organisasi pengembangan TK,” ungkap Kepala Disdik Kaltim melalui Kabid Pembinaan TK, SD, dan SLB, Healthyana Marta Mou didampingi Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, M Syapri, di Ruang Kerjanya, Rabu (2/9).

 

Melalui workshop diharap meningkatkan kompetensi tenaga pendidik PAUD, khususnya TK dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran di lembaga pendidikannya secara terpadu. Serta diharapkan dapat membangun, etika, dan etos kerja tenaga pendidik dan kependidikan TK.

 

Tujuan khususnya menyusun rencana pembelajaran yang terinterpelasi secara holistik. Kemudian menyusun etika guru PAUD dalam membangun profesionalisme, mengembangan sistem penilaian lembaga PAUD yang praktis, dan adaktif.

 

“Tidak kalah pentingnya diharapkan memahami anak berkebutuhan khusus dalam pembelajaran,” katanya.

 

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Djogja yang memang faham pengembagan kurikulum, kemudian dari Unmul, Universitas Widyagama, dan tim pengembang kurikulum yang sudah dipersiapakan dalam rangka mempersiapkan pengembangan kurikulum.

 

Mereka diantaranya akan membahas Permendikbud 137/2014, pemahaman tentang kurikulum TK, penyusunan program semester, serta evaluasi, dan penilaian.

 

Materi yang dibahas permasalahan model pembelajaran di masing-masing TK. Serta mengatur strategi pembelajaran, kemudian analisa kekurangan dan kelebihan metodeologi yang sudah dilaksanakan dalam program pengelolaan PAUD.

 

Misalnya mengenalkan sistem menata ruang kelas sudut, menata ruang area, dan menata ruang sentra. Di dalam TK ada program pembelajaran. Ketiga metode tersebut setiap daerah menyesuiakan metode yang tepat untuk daerah masing-masing.

 

“Setelah pelaksanaannya, dalam rentang waktu empat minggu kedepan akan dievaluasi oleh tim disdik bersama tim kabupaten/kota. Mudahan menjadi informasi berharga bagi pendidik, dan tenaga kependidikan di Kaltim,” tambahnya.(diskominfo kaltim/arf)

 

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss