Produksi Daging Sapi Ditarget 73 Ribu Ton

Oleh : aris 25 Agustus 2015    Tidak ada komentar

Produksi Daging Sapi Ditarget 73 Ribu Ton

SAMARINDA -- Peningkatan produksi daging sapi diakui telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kaltim 2013 –2018. Realisasinya ditarget pertahun menyesuaikan perkiraan kebutuhan konsumsi masyarakat.

 

“Tahun ini kita tagetkan 73 ribu ton. Tahun berikutnya juga dan seterusnya menyesuaikan kebutuhan masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim, Dadang Sudarya, di Samarinda, Selasa (25/8).

 

Peningkatan produksi antara lain diharapkan dari program sapi indukan (breeding) yang dicanangkan Pemprov Kaltim. Mengingat pemprov bekerjasama dengan Pemerintah Australia berencana mendatangkan 11 ribu ekor sapi breeding untuk mendukung pengembangan peternakan di Kaltim.

 

Perlu diketahui, produksi perhitungannya  berdasarkan jumlah ternak yang dihitung di rumah potong hewan (RPH) di Kaltim. Kalau masih di petani belum disebut produksi, tapi populasi.

 

Pun demikian daging yang masuk ke Kaltim kiriman dalam bentuk daging tidak tercatat bagian produksi Kaltim.

 

Sedangkan perkiraan kebutuhan menjelang hari raya kurban, natal, dan tahun baru diperkirakan aman hingga akhir 2015. Untuk pemenuhan kebutuhannya sudah dipersiapkan dan diperkirakan jauh melebihi prediksi kebutuhan.

 

“Insya ALLAH aman untuk ternak meskipun sekarang di Jawa ada kelangkaan sapi. Tapi bukan sapinya yang langka. Sapi banyak diperusahaan penggemukan, tapi mereka yang menahan tidak menjual ke RPH dan pasar. Makanya ini dianggap menimbun. Yang jelas sampai akhir Desember, kurban, natal, dan tahan baru mencukupi,” yakinnya.(diskominfo kaltim/arf)

 

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss