Perusahaan Diminta Tidak PHK Tanpa Sepengetahuan Gubernur

Oleh : aris 17 Agustus 2015    Tidak ada komentar

Perusahaan Diminta Tidak PHK Tanpa Sepengetahuan Gubernur

SAMARINDA – Seluruh perusahan besar yang bergerak disektor pengelolaan batubara diminta tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) tanpa sepengetahuan gubernur. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan lapangan pekerjaan merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk perusahaan-perusahaan besar.

 

“Bagi saya satu orang saja di PHK sangat menyedihkan. Apalagi sampai ratusan ribu orang. Bisa dibayangkan berapa banyak orang menganggur. Tentu angka kemiskinan juga akan semakin tinggi,” kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, di Samarinda, Senin (17/8).

 

Gubernur Faroek mengaku sudah membuat konsep melakukan aksi agar tidak ada PHK di Kaltim. Sejalan dengan itu, pihaknya akan menginstruksikan semua jajaran pemerintahan, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, termasuk seluruh perusahaan besar yang intinya melarang ada PHK. Sekalipun harus ada PHK harus atas sepengetahuan gubernur.

 

Dengan demikian, ketika terpaksa harus ada PHK bisa segera diupayakan memperoleh pekerjaan baru yang lebih baik. Hal serupa sudah pernah dilakukannya saat menjadi Bupati Kutai Timur (Kutim). Pihaknya membantu seorang istri yang meminta langsung kepadanya difasilitasi agar sang suami tidak jadi di PHK tempat perusahaannya bekerja.

 

Di sisi lain gubernur mengaku salah satu alasannya membuat kebijakan transpormasi ekonomi dari sektor tidak terbarukan menjadi sektor terbarukan antara lain karena usaha sektor tidak terbarukan tidak berkesinambungan.

 

“Ketika perekonomian “lesu” seperti sekarang satu-satunya solusi paling mudah PHK. Mampu mengurangi  biaya produksi agar tidak merugi. Tapi berdampak pada masalah kesejahteraan sosial,” sebutnya. Lain hal usaha sektor terbarukan. Bisa berkesinambungan sepanjang masa  

 

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir telah terjadi banyak PHK akibat lesunya usaha batubara. Bahkan informasinya dalam waktu dekat dan bulan-bulan ke depan akan semakin banyak PHK di Katim.(diskominfo kaltim/arf)

 

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss