Dinas PTP Rencanakan Gerakan Cinta Beras Kaltim

Oleh : aris 27 Agustus 2014    Tidak ada komentar

Dinas PTP Rencanakan Gerakan Cinta Beras Kaltim

SAMARINDA – Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim merencanakan suatu gerakan  promosi untuk memperkenalkan keunggulan beras lokal yang dikembangkan diberbagai daerah di Kaltim. Kegiatan yang diberi nama gerakan cinta beras Kaltim tersebut rencananya dilaksanakan menjelang akhir tahun 2014 sekaligus menyongsong peringatan HUT Provinsi Kaltim ke 58 , 9 Januari 2015.

 

“Kita akan undang masyarakat Kaltim, khususnya Kota Samarinda untuk melakukan tes rasa beras lokal pada momen HUT Provinsi mendatang. Ini untuk memperkenalkan bahwa beras Kaltim punya keunggulan,” ucap Kepala Dinas PTP Kaltim, Ibrahim ketika berbincang, di Samarinda, Rabu (27/8).  

 

Melalui gerakan tersebut diharapkan menimbulkan ketertarikan atau kecintaan terhadap beras lokal, sehingga membuka peluang usaha bagi masyarakat petani memasarkan hasil produksi pertaniannya. Itu sebabnya, selain melakukan tes rasa, pihaknya juga akan membantu memasarkan beras lokal di maksud di lokasi kegiatan.

 

Harapannya setelah mencoba rasanya dan tertarik untuk membeli, barangnya sudah tersedia. Gilirannya petani meningkat kesejahteraannya karena diuntungkan dengan kegiatan tersebut. Bisa jadi, secara kesinambungan membuka peluang usaha kerjasama  pemasaran produksi pertaniannya.

 

Menurutnya, gerakan tersebut merupakan suatu terobosan dalam rangka menjual sesuatu yang beda dengan daerah lain. Apalagi beras Kaltim punya keunggulan rasa yang lezat dan harum.

 

“Supaya punya daya saing kita harus jual yang berbeda. Kalau soal produksi tentu kita kalah dengan daerah lain yang potensi lahannya jauh lebih luas. Makanya dijual keunggulan produk yang tidak dimiliki daerah lain. Sekalipun harganya lebih mahal, tapi kita punya rasa dan kualitas beras yang bagus,” katanya sambil mencontohkan seperti Padi Mayas dan Adan yang diminati Raja Brunei Darussalam .

 

Ditambahkan, kelebihan beras lokal Kaltim hanya bisa dikembangkan di kabupaten/kota masing-masing menyesuaikan kondisi tanah dan iklim wilayah setempat. Ketika dikembangkan di daerah lain rasa maupun harumnya tidak sama saat dikembangkan di daerah asal.

 

Kekhasan dan keaslian itulah yang mesti dipertahankan. Itu sebabnya, Dinas PTP akan melakukan pendampingan kelompok-kelompok tani bersangkutan dalam kaitan menjaga kualitas produksi pertaniannya, sehingga produk pertaniannya tetap punya keunggulan.(arf)


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


KLIK WIEK, INFORMASINYA MENARIK

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

BPPD Manfatkan Alat TTG *Kembangkan Ekonomi Masyarakat Pulau Terluar

SAMARINDA – Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD)…Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Sekilas Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK)

Hasrat Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, membuka  Warung Informasi Kaltim  bukan basa basi lagi.  Ia menyatakan,  persiapan pembukaan  warung informasi   yang diberi nama  Warung… Selengkapnya


facebook twitter rss