KALTIM SEGERA MILIKI PABRIK PENGOLAHAN TEPUNG SINGKONG

Oleh : olive 14 April 2014   

SAMARINDA - Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim Ibrahim menilai singkong gajah merupakan komoditi baru yang bakal menjadi andalan di Kaltim. Prospek usahanya dipastikan cerah seiring beroperasionya pabrik pengolahan singkong menjadi tepung singkong milik PT. United Sasamba Plantation, di Penajam Paser Utara.

"Tidak lama lagi Kaltim akan punya pabrik pengolahan tepung singkong. Saya baru saja lihat, saat ini sedang tahap pembangunannya. Akhir Mei diharap sudah bisa produksi, sehingga bisa menampung produksi petani," ungkap Irahim di Samarinda, Senin (14/4).

Dengan demikian, berapa pun jumlah produksi singkong masyarakat bisa ditampung di pabrik tersebut. Apalagi pabrik pengolahan itu bisa menampung bahan baku singkong hingga 60 ton per hari. Luasan pengembangan lahan singkong gajah pun mencapai 2 hingga 3 ribu hektare. Hal ini membuat petani bisa memasok produksinya untuk kebutuhan bahan baku pabrik.

Gilirannya, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Apalagi perusahaan siap membeli dengan harga enam ribu rupiah per kilogram. Belum lagi batang pohonnya bisa dijual sebagai bibit dengan harga Rp 500 per 1 batang stek. 

"Berdasar perhitungan kasar perusahaan, setiap hektarnya petani dapat penghasilan Rp 12 juta hingga Rp 15 jutaan. Itu dengan perhitungan setiap satu pohon bisa menghasilkan singkong minimal 20 kilogram dan 1 batang pohon bisa menghasilkan bibit 5 batang stek," sebutnya. (arf-gus/diskominfo)







Download Baliho

Klik Pada Gambar


Touched By TryDee

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

Touched By TryDee

Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Touched By TryDee

Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Touched By TryDee

Ketika kesempatan sudah pergi Ketika waktu tak pernah kembali -:- 2 things we will never be able to take it back -:- -:- ANDAI SAJA WAKTU BISA BERPUTAR KEMBALI :') -:- -:- We Are -:- ANXIOUS SQUAD Selengkapnya


facebook twitter rss