IBRAHIM: BUAH DOMESTIK LEBIH AMAN DAN SEHAT

Oleh : olive 13 April 2014   

BATUAH - Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hotikultural Kaltim Ibrahim mengajak masyarakat untuk mencintai dan mengonsumsi buah nasional. Hal tersebut bertujuan sebagai kampanye kecintaan terhadap buah nusantara.

"Selain itu, pada dasarnya produk buah dan sayur domestik lebih aman, sehat, dan segar karena menggunakan pupuk organik,”  ujar Ibrahim pada Deklarasi cinta buah dan sayuran di UPTD Balai Benih Induk hortikultura Loa Janan Kabupaten Kukar, Sabtu (12/4).

Dijelaskan, selain upaya meningkatkan konsumsi buah masyarakat, pemerintah juga berusaha menjaga daya saing  buah nusantara. Dengan cara meningkatkan kualitas, akses petani ke pasar modern melalui penguatan struktur rantai pasok. Termasuk memajukan pasar tradisional serta meningkatkan promosi dan pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri.

Tidak hanya itu, Ibrahim juga meminta masyarakat mendukung program pemerintah terkait pembatasan impor buah. Dan diajak menggemari buah-buahan nusantara, khususnya buah lokal yang menjadi unggulan daerah. Apalagi, kualitas dan rasa buah nusantara maupun buah lokal tidak kalah bersaing, bahkan cenderung lebih baik ketimbang buah impor. 

"Sejauh ini kita sudah lakukan gerakan memakan maupun menanam buah nusantara. Ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa negeri ini punya berbagai buah unggulan." katanya.

Sedangkan menurut Kabid Hortikultural UPTD Balai Benih Induk hortikultura M. Alimudin, buah, sayuran, tanaman hias, bunga dan tanaman obat merupakan salah satu unggulan pertanian Indonesia. Dan menjadi salah satu andalan pengembangan ekonomi masyarakat berbasis agribisnis. Untuk itu, diperlukan dukungan semua pihak agar unggulan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Dengan kerjasama semua mitra diharap dapat meningkatkan citra dan kualiatas buah lokal dan dapat mengurangi produk dari luar. Pengembangan hortikultura akan semakin digemari karena sadar sangat baik bagi kesehatan,” ucap Alimudin.

Acara dirangkai dengan pemberian secara simbolis sati buah sepeda motor dari Pemprov. Kaltim kepada UPTD Balai Benih Induk hortikultura, bantuan bibit cabe kepada kelompok wanita tani, penyerahan bibit jeruk, aneka buah dan benih tanaman. Penyerahan dilakukan Wakil Gubernur Kaltim HM. Mukmin Faisyal di dampingi Plt Sekda H. Rusmadi dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hotikultural Kaltim H. Ibrahim. (ris-gus/diskominfo)

 

Keterangan foto: Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Ibrahim (kanan) berbincang dengan Wagub Mukmin Faisyal dan Plt. Sekda Rusmadi sebelum Deklarasi Cinta buah dan sayuran lokal, sabtu (12/4)







Download Baliho

Klik Pada Gambar


Touched By TryDee

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

Touched By TryDee

Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Touched By TryDee

Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Touched By TryDee

Ketika kesempatan sudah pergi Ketika waktu tak pernah kembali -:- 2 things we will never be able to take it back -:- -:- ANDAI SAJA WAKTU BISA BERPUTAR KEMBALI :') -:- -:- We Are -:- ANXIOUS SQUAD Selengkapnya


facebook twitter rss