Petani Kaltim Tolak Subsidi Benih Pemerintah

Oleh : 21 November 2013    Tidak ada komentar

 

 

SAMARINDA – Petani Kaltim diisyaratkan sepakat menolak subsidi benih bantuan pemerintah sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan kemandirian petani dalam upaya pemenuhan benih. 

 

“Konsekuensi yang harus ditanggung,  petani harus mandiri. Caranya dengan menguatkan penangkar benih di daerah,”  ucap  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim, H Ibrahim ketika berbincang dengan wartawan di Samarinda, Kamis (21/11).

 

Penguatan penangkar benih ini  bisa dilakukan melalui balai benih di setiap kabupaten/kota. Setidaknya, penangkar benih harus mampu memenuhi kebutuhan benih di daerahnya masing-masing, dan jika memungkinkan memenuhi kebutuhan daerah lain yang belum mampu mandiri.

 

Menurut Ibrahim, kesepakatan  petani menolak bantuan subsidi benih lantaran penyalurannya terkesan lamban, sehingga diterima tidak sesuai masa tanam. Kondisi ini  tentu menghambat pengembangan pertanian petani.

 

Idealnnya benih harus tersedia sebelum musim tanam, sehingga sudah tidak ada masalah saat memasuki musim tanam (MT). Karena itu, ia berharap  penguatan penangkar benih menjadi solusi penyelesaian  sehingga kapan pun dibutuhkan,  petani bisa memperoleh benih tanpa menunggu bantuan tersebut.

 

Selain itu,  penguatan penangkar benih memungkinkan pengembangan benih unggul lokal. Jika selama ini mengharap benih unggul nasional, dengan itu bisa meningkatkan potensi benih unggul lokal – padi sawah atau kering -- menjadi benih unggul nasional.

 

Secara teknis, pengembangan benih juga akan melibatkan Fakultas Pertanian Unmul dalam kaitan penelitian dan pendampingan penangkaran untuk memperoleh benih unggul. Sebab, unggul tidaknya benih juga dipengaruhi kualitas proses penyemaiannya.

 

“Penyalurannya, bisa dilakukan dengan dua mekanisme. Yakni petani yang mampu bisa membeli langsung dan petani yang tidak mampu dibantu dengan subsidi dari Pemprov Kaltim,” katanya.(arf)

 


Tidak ada Komentar


Kirim Komentar Anda

rc






Download Baliho

Klik Pada Gambar


Touched By TryDee

img

TERLAHIR sejak 7 November 2012, WIEK (Warung Informasi Etam Kaltim) yang dikelola Dinas Kominfo dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Samarinda,…
Selengkapnya


Testimonial

123

123 , Samarinda




RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI KALTIM




Berita Terkini

Lihat Semua

Touched By TryDee

Selengkapnya

Jauhar Minta Semua Sektor Gunakan TTG

SAMARINDA – Kepala Badan…Selengkapnya

Touched By TryDee

Selengkapnya

Galeri

Lihat Semua img img img
img img img

Touched By TryDee

Ketika kesempatan sudah pergi Ketika waktu tak pernah kembali -:- 2 things we will never be able to take it back -:- -:- ANDAI SAJA WAKTU BISA BERPUTAR KEMBALI :') -:- -:- We Are -:- ANXIOUS SQUAD Selengkapnya


facebook twitter rss